Dalam posting ini saya akan mengkaji web usability dari situs http://www.karangasemkab.go.id/.

Tulisan ini dibuat sebagai tugas akhir Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK).

Tulisan ini terdiri dari 3 post, dikumpulkan dalam kategori Tugas Akhir IMK.


BEBERAPA KAJIAN WEB USABILITY

1. Visibility of System Status and User Control


Seperti situs pada umumnya, situs resmi ini sangat sederhana tetapi tepat pada sasaran. Maksudnya, jika ketika pengguna pertama kali mengunjungi situs ini, ada beberapa info terkait situs yang mungkin diperlukan langsung ditemukan. Situs ini bisa dibilang up-to-date. DI situs ini juga ditampilkan background yang khas, dengan corak batik-batikan. Sangat kedaerahan.
Hal ini tentu saja mampu memberikan kesan yang menarik.
Namun, disamping itu ada beberapa hyperlink yang tidak melakukan action. Sehingga tidak pengguna kadang tertipu, tidak hanya sekali.
Selain itu terdapat kesalahan yang sangat fatal. Tidak ada Beranda atau Home pada tempat yang seharusnya. Yang ada hanya link ke halaman utama di paling bawah halaman.
Salah satu kekurangan lainnya dalam situs ini adalah kita tidak diberi informasi sedang di menu apa kita berada sekarang.

2. Match between System and The Real World

Bahasa yang digunakan dalam situs ini adalah Bahasa Indonesia dan sedikit bahasa daerah. Sangat khas sekali dengan kedaerahan. Alangkah lebih bagus lagi jika menggunakan pilihan berbagai macam bahasa.

3. Consistency and Standards

Konsistensi pada situs ini tergolong rendah. Pembuat situs tidak mengetahui keinginan user. Seperti, info-info yang diberikan di tengah-akhir halaman. Dan yang paling fatal letak home yang tidak jelas

4. Recognition Rather Than recall

Dalam situs terdapat menu search/pencarian dan menu log in. Kedua menu tersebut bisa recall, tetapi tidak untuk recognition.

5. Flexibility and Efficiency of Use

Sangat fatal jika ada perintah yang tidak bisa dilakukan seperti pada gambar ini. Apalagi menu penting seperti ini.

6. Aesthetic and Minimalist Design

Font yang digunakan di situs ini sudah pas, tidak terlalu besar tidak terlalu kecil. Penggunaan whitespace pada artikel juga sudah cukup baik, sehingga memudahkan pengguna dalam membaca artikel. Namun sayangnya, alignment artikel berita di situs ini tidak menggunakan “Justify”, sehingga tulisan terlihat kurang rapi.

7. Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Error

Untuk menghubungi pembuat situs, pembuat situs sangat terbuka lewat layanan sms. Tetapi hanya layanan sms. Sangat disayangkan sekali.

8. Help and Documentation
Pada situs ini tidak disediakan halaman bantuan, sehingga akan cukup menyulitkan bagi pengguna yang baru mengunjungi situs ini.

Leave a Reply